Universitas Gadjah Mada (UGM), khususnya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL), telah lama dikenal sebagai pusat keunggulan akademik. Salah satu aset berharga di dalamnya adalah perpustakaan, sebuah tempat di mana pengetahuan berkembang dan mahasiswa dapat merajut mimpi akademis mereka. Sebagai upaya untuk memperkenalkan perpustakaan kepada mahasiswa baru, FISIPOL UGM menggelar sosialisasi yang membuka pintu pengetahuan baru.

Pentingnya Sosialisasi Perpustakaan:

Sosialisasi perpustakaan menjadi langkah penting dalam menanamkan pemahaman tentang sumber daya yang tersedia dan memotivasi mahasiswa untuk menggali pengetahuan lebih dalam. Hal ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru untuk merasakan atmosfer belajar di perpustakaan, yang akan menjadi teman setia dalam perjalanan akademis mereka.

Dalam upaya meningkatkan pemanfaatan layanan perpustakaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Perpustakaan FISIPOL UGM Melakukan  kegiatan “Sosialisasi Layanan Perpustakaan & Pelatihan Mendeley” pada hari Kamis, tanggal 9 November 2023 jam 10.00 WIB Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan Fasilitas dan layanan yang dimiliki Perpustakaan FISIPOL UGM agar bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa serta memberi pelatihan tentang cara menggunakan Mendeley untuk kebutuhan akademik mahasiswa.

Sesi pertama Menjelaskan tentang fasilitas dan layanan yang dimiliki Perpustakaan FISIPOL UGM yang di jelaskan oleh Ibu Koordinator Perpustakaan FISIPOL UGM Yuli Hesti Wahyuningsih, S.IP. untuk sesi 2 pengenalan aplikasi Mendeley yang dijelaskan oleh Juvita Umar Hadinata Staff Digilib FISIPOL UGM.

Kegiatan Sosialisasi:

1. Tur Virtual Perpustakaan:

   Sosialisasi dimulai dengan tur virtual perpustakaan, memperkenalkan fasilitas dan layanan yang tersedia. Dengan bimbingan petugas perpustakaan, mahasiswa baru dapat mengenal lokasi koleksi, area studi, dan sarana lainnya yang akan mendukung kegiatan akademis mereka.

2. Presentasi Layanan Unggulan:

   Melalui presentasi yang dijelaskan oleh oleh Ibu Koordinator Perpustakaan FISIPOL UGM Yuli Hesti Wahyuningsih, S.IP mahasiswa baru diajak untuk mengeksplorasi layanan unggulan perpustakaan, termasuk akses ke database penelitian, koleksi daring, dan sistem peminjaman buku. Informasi tentang bagaimana memanfaatkan sumber daya tersebut untuk penelitian dan tugas akademis diberikan secara rinci.

3. Workshop Literasi Informasi:

   Sebuah workshop literasi informasi diselenggarakan untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana menyaring informasi, mengenali sumber yang kredibel, dan merancang strategi pencarian yang efektif. Mahasiswa baru diajak untuk terlibat aktif dalam kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan literasi mereka.

4. Sesi Tanya Jawab Interaktif:

   Sosialisasi mencakup sesi tanya jawab interaktif, di mana mahasiswa baru dapat mengajukan pertanyaan langsung kepada staf perpustakaan. Hal ini memfasilitasi komunikasi dua arah dan memastikan bahwa mahasiswa merasa didukung dalam memanfaatkan layanan perpustakaan.

5. Program Penghargaan untuk Pengguna Aktif:

   Sebagai insentif, perpustakaan mengadakan program penghargaan untuk pengguna aktif. Dengan menggunakan layanan perpustakaan secara teratur, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghargaan atau akses eksklusif ke fasilitas tertentu.

Manfaat Sosialisasi Perpustakaan:

1. Pemberdayaan Mahasiswa:

   Sosialisasi perpustakaan memberdayakan mahasiswa baru dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengoptimalkan sumber daya perpustakaan dalam perjalanan akademis mereka.

2. Membangun Komunitas Pembelajaran:

   Kegiatan ini membantu membentuk komunitas pembelajaran di antara mahasiswa, di mana saling berbagi informasi dan pengalaman dapat meningkatkan kolaborasi akademis.

3. Mengoptimalkan Penggunaan Sumber Daya:

   Dengan pemahaman yang lebih baik tentang layanan perpustakaan, mahasiswa baru dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya digital dan cetak untuk mendukung riset dan penulisan mereka.

Sosialisasi perpustakaan di FISIPOL UGM bukan hanya sebuah acara orientasi, tetapi juga langkah awal yang penting menuju eksplorasi ilmu pengetahuan dan penemuan intelektual bagi para mahasiswa baru. Ini adalah investasi dalam pembentukan mahasiswa yang berpengetahuan luas, literat, dan siap menghadapi tantangan akademis yang ada di hadapannya.