Show simple item record

dc.contributor.author['Mukti, Danu', 'Wimbarti, Supra']
dc.date.accessioned2025-09-23T06:34:05Z
dc.date.available2025-09-23T06:34:05Z
dc.date.issued2020-05-22 00:00:00
dc.identifier.issn-
dc.identifier.urihttps://jurnal.ugm.ac.id/gamajpp/article/view/53189
dc.identifier.urihttp://digilib.fisipol.ugm.ac.id/repo/handle/15717717/24523
dc.description.abstractPermasalahan atensi yang meliputi ketidakmampuan dalam memfokuskan perhatian dan mengabaikan stimulus yang tidak relevan terjadi pada sebagian siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan meditasi mindfulness terhadap kemampuan atensi selektif siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi, dengan desain untreated control group design with dependent pretest and posttest samples. Subjek penelitian adalah siswa SMP kelas VIII yang diambil melalui purposive sampling (15 siswa kelompok eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol). Pengumpulan data menggunakan Computerized Stroop Color Word Test dan soal matematika, serta skala Kentucky Inventory Mindfulness Skills sebagai cek manipulasi. Lembar observasi dan buku harian subjek juga digunakan sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor interference yaitu t=-4,836 (p=0,000; p<0,05) dan skor matematika (Z=-2,187; p<0,05) pada pengukuran posttest antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini memberikan usulan logis pada sekolah untuk pengadaan program meditasi mindfulness secara berkala, mengingat pentingnya hal tersebut bagi perkembangan kemampuan atensi selektif dan performasi belajar matematika.
dc.formatapplication/pdf
dc.language.isoeng
dc.publisherFaculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada
dc.relation.urihttps://jurnal.ugm.ac.id/gamajpp/article/view/53189/pdf
dc.rights['Copyright (c) 2020 Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP)', 'http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0']
dc.subjectatensi selektif; pelatihan meditasi mindfulness; prestasi belajar matematika
dc.titlePengaruh Mindfulness Meditation Training terhadap Atensi Selektif pada Siswa SMP
dc.typeArticle
dc.identifier.oaioai:jurnal.ugm.ac.id:article/53189
dc.journal.info['Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP); Vol 6, No 1 (2020); 30-46', '2407-7801']


This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record