Kualitas Webportal Kementrian Agama Republik Indonesia sebagai Media Keterbukaan Informasi Publik dan Media Partisipasi Deliberasi Warga:(Analisis Isi Webportal Kementrian Agama Republik Indonesia Asp
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas webportal Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai media keterbukaan informasi publik dan media partisipasi deliberasi warga dalam bidang kehidupan beragama, dengan menjelaskan kualitas informasi publik dan kualitas partisipasi deliberasi yang ada di dalamnya. Kualitas website Kementerian Agama dilihat dalam dimensi kualitas informasi dan kualitas partisipasi. Secara lebih khusus sebagai website pemerintah, yang dilihat adalah kualitas informasi publik dan kualitas partisipasi deliberasi warga. Kualitas informasi publik merujuk pada pasal 9, 10, 11, dan 12 UU KIP, dan secara lebih terperinci merujuk pada pasal 11, 12, dan 13, Peraturan Komisi Informasi tentang Standar Layanan Informasi Publik. Kualitas informasi publik dijabarkan sebagai ketersediaan ragam/jenis informasi publik, kelengkapan informasi publik, dan relevansi informasi publik dengan mengacu pada kedua produk hukum tersebut. Kualitas partisipasi deliberasi dijabarkan dalam ketersediaan menu/forum partisipasi deliberasi pada webportal Kementerian Agama, dan keberadaan ciri-ciri atau nilai partisipasi deliberasi pada menu/forum tersebut. Sebuah daftar disusun berdasar UU KIP dan Peraturan Komisi Informasi tersebut sebagai panduan dalam melihat ketersediaan menu informasi publik yang ada pada webportal Kementerian Agama. Panduan tersebut digunakan untuk melihat ketersediaan atau ketidaktersediaan ragam/jenis informasi publik pada webportal Kementerian Agama. Selanjutnya, kelengkapan dan relevansi informasi publik juga bisa dilihat dari data tersebut. Kualitas informasi publik pada webportal kementerian Agama masih kurang dilihat dari ketersediaan ragam/jenis informasi publik, kelengkapan dan relevansi, yang idealnya tersedia mengacu UU KIP dan Standar Layanan Informasi Publik. Kualitas partisipasi deliberasi pada webportal Kementerian Agama RI juga masih kurang ditinjau dari ketersediaan jenis forum partisipasi deliberasi yang ada, dan dari ketiadaan nilai-nilai partisipasi deliberasi di dalamnya. Webportal Kementerian Agama RI belum dimanfaatkan secara optimal sebagai media keterbukaan informasi publik dan media partisipasi deliberasi warga. Penelitian ini mengkaji kualitas webportal kementerian sebagai media keterbukaan informasi publik dan partisipasi deliberasi warga dengan analisis kualitatif atas fitur informasi dan fitur partisipasi. Kata Kunci: Kualitas website pemerintah, Webportal Kementerian Agama RI, Kualitas informasi publik, Kualitas partisipasi deliberasi, Analisis isi kualitatif.
Date
2016Author
Dewi Anggraeni, Hermin Indah Wahyuni
Metadata
Show full item recordURI
https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/118877http://digilib.fisipol.ugm.ac.id/repo/handle/15717717/48000
