Perpustakaan digital bukan hanya bentuk evolusi dari perpustakaan tradisional, tetapi juga merupakan langkah besar menuju pengembangan dunia pengetahuan digital. Dengan memanfaatkan teknologi, perpustakaan digital menjadi pusat informasi yang dinamis, mendukung keberlanjutan, dan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan terkini bagi masyarakat modern.

Perpustakaan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan benchmarking ke Perpustakaan FISIPOL UGM pada hari Kamis tanggal 7 Desember 2023. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui proses transformasi Perpustakaan FISIPOL UGM menuju terwujudnya Digital Library. Perpustakaan BRIN saat ini sedang melakukan transformasi dalam hal layanan koleksi, yaitu dari bentuk fisik menjadi bentuk digital. Hal ini didasari pada perkembangan teknologi informasi dan juga keberadaan periset di BRIN yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Rombongan berjumlah 7 orang, dipimpin oleh Direktur Repositori, Multimedia dan Penerbitan Ilmiah Zaenal Akbar, M.Kom, Ph.D., disambut dan dibersamai dalam sharing session & diskusi oleh Kepala Kantor Administrasi FISIPOL UGM Paminto Adhi, S.E., M.Si., Koordinator Perpustakaan Yuli Hesti Wahyuningsih, S.IP. dan Koordinator Unit Teknologi Informasi Asep Wahyudin Purnomo, M.Kom.

Kedua institusi betharap kegiatan ini bisa berlanjut ke depannya terkait dengan kerjasama akses e-resources.